Sunday, July 31, 2011

Mencoba meningkatkan kecepatan koneksi internet Speedy


Seberapa cepat koneksi internet temen-temen pengguna Speedy paket 384 kbps? Apakah benar mencapai 384 kbps, dibawahnya, atau malah di atasnya? Saya sendiri juga menggunakan Speedy paket 384 kbps, dan berikut ini adalah hasil tes kecepatan yang saya lakukan menggunakan Speedtest.net.
Dari hasil tes yang saya lakukan beberapa kali secara berurutan, terlihat kecepatan download rata-rata berada pada 0,87 Mbps (870 Kbps), sedangkan untuk upload mendapat 0,06 Mbps (60 Kbps).
Tes berikutnya saya menggunakan Pingtest.net.
Dari tes melalui Pingtest.net, hasil beberapa kali tes menunjukkan nilai yang sama, yaitu B. Nilai B sendiri artinya koneksi internet yang saya gunakan masuk dalam kategori sangat baik.
Untuk meyakinkan hasil tes tersebut di atas, saya mencoba melakukan proses download program Adobe Reader, pertama saya tidak menggunakan program download accelerator alias menggunakan download tools bawaan browser Firefox, dan kecepatan download yang saya peroleh terlihat seperti di bawah, rata-rata kecepatan berada di sekitar 97 KB/sec.
Berikutnya saya coba melakukan proses download file yang sama, tapi kali ini saya menggunakan Download Accelerator Plus, hasilnya adalah saya mendapat kecepatan sebesar 111,2 KB/s.
Dari hasil tersebut di atas, menurut saya koneksi internet Speedy yang saya gunakan cukup baik dan berada di atas rata-rata. Bagaimana? Apakah temen-temen juga mendapatkan kecepatan yang sama seperti yang saya dapatkan, atau malah di atasnya? Jika sebaliknya (berada di bawah, atau malah dibawah paket yaitu 384 kbps), ada baiknya mencoba beberapa trik yang saya pakai, sehingga saya bisa mencapai kecepatan seperti di atas.
Untuk mengoptimalkan koneksi internet Speedy ini, saya menggunakan bantuan beberapa software yang pernah saya informasikan sebelumnya, yaitu TCP/IP Optimizer, Modem Booster, dan pada browser Firefox (saya gunakan Firefox 3.6.8) saya pasang addons Fasterfox 3.8.4.
Selain itu, sebaiknya cek juga kualitas jaringan telepon rumah yang kita gunakan, jika perlu, bersihkan konektor pada kabel telepon untuk mengurangi hambatan (kualitas jaringan yang kurang baik salah satunya ditandai dengan suara telepon yang ‘kresek-kresek’).
Itu tadi informasi singkat tentang tips meningkatkan kecepatan koneksi internet Speedy, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment