Sunday, July 31, 2011

Berpindah-pindah antar aplikasi yang sedang berjalan dalam Windows dengan VistaSwitcher



Seperti kita ketahui, fungsi tombol Alt-Tab adalah fungsi tombol standar Windows yang berguna untuk berpindah-pindah antar program yang sedang berjalan atau bisa juga dengan memilih melalui tombol-tombol yang ada pada taskbar Windows. Jadi kalo kita membuka atau menjalankan beberapa program dan kita ingin berpindah dari satu program ke program yang lain, kita cukup menekan tombol Alt-Tab dan memilih program yang dimaksud sesuai urutan yang ada. Program-program itu sendiri akan ditampilkan dalam bentuk ikon-ikon program.
Yang menjadi masalah adalah jika kita membuka banyak program, misalnya saja 15 program, dan kita ingin membuka program yang kebetulan berada pada urutan ke 15, maka kita harus menekan tombol Alt-Tab sebanyak 15 kali untuk bisa mengakses program itu, itu baru 15 program, bagaimana jika lebih?
Untuk membantu memudahkan kita dalam berpindah dari satu program ke program lain, ada sebuah program gratisan yang berfungsi membantu kita memilih program yang sedang berjalan tanpa harus menekan tombol Alt-Tab berkali-kali, yaitu Vista Switcher.
Melalui VistaSwitcher kita bisa langsung memilih program mana yang kita pilih dilengkapi dengan preview dari program yang sedang berjalan tersebut. Untuk memanggil atau mengaktifkan VistaSwitcher ini kita cukup menekan tombol Windows+F12 (shortcut ini bisa kita ubah sesuai keinginan kita melalui menu Preferences VistaSwitcher).
Pengaturan lebih lanjut dari VistaSwitcher dapat dilakukan dengan mengklik kanan ikon VistaSwitcher yang ada di System Tray dan memilih Preferences.
Selain mengatur shortcut VistaSwitcher, pengaturan yang bisa kita lakukan adalah tampilan preview program dalam menu Appearance, posisi panel VistaSwitcher, dan juga menentukan program-program apa saja yang tidak ingin ditampilkan dalam VistaSwitcher melalui Exclusion.
Program VistaSwitcher ini bisa didownload di Sini. Program ini bisa digunakan untuk Windows XP/Vista/7.

0 comments:

Post a Comment