Thursday, August 11, 2011

Proxy Server



understanding-proxy-server

Pasti kita sering mendengar apa itu proxy server ? dan fungsinya buat apa proxy server itu ?
Kata Proxy berasal dari bahasa Latin proximus, yang berarti dekat.


Proxy server
Proxy server adalah sebuah komputer server atau program komputer yang bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan request terhadap content dari internet atau intranet. Proxy Server bertindak sebagai gateway terhadap dunia Internet untuk setiap komputer klien. Atau bisa dikatakan sebuah server yang membantu kita mempertahankan privasi saat mengakses internet. Web page yang kita kunjungi tidak akan dapat melihat kita. Web page hanya melihat proxy yang kita gunakan.
Cara kerja proxy adalah sebagai berikut , Client tersambung dengan proxy server, dan meminta layanan tertentu seperti file, koneksi, akses web page ataupun lainnya. Proxy server kemudian mengevaluasi permintaan layanan tersebut sesuai dengan aturan filter nya.
Sebagai contoh, proxy server dapat menyaring traffic berdasarkan IP address atau protocol. Jika permintaan tersebut divalidasi oleh filternya, maka proxy akan menyediakan apa yang diminta dengan menyambungkan ke server yang diminta dan meminta layanan dari server tersebut untuk client nya.
Server banyak digunakan untuk keperluan :
  • menyembunyikan server dari publik untuk keamanan.
  • mempercepat akses.
  • untuk membuka situs yang diblokir ( tapi tidak untuk yang macam-macam :-D )
  • untuk melindungi identitas.
  • untuk melewati kontrol keamanan.


0 comments:

Post a Comment