Tuesday, August 9, 2011

6 Tips Membuat Artikel Blog Enak Dibaca



6 Tips Membuat Artikel Blog Enak Dibaca – Ketika kita sedang blogwalking ataupun sedang mencari-cari sesuatu di internet pasti kita pernah meninggalkan beberapa blog yang dalam artikelnya tidak enak untuk dipandang ataupun dibaca. Seperti terlalu banyak iklan atau artikel yang berantakan.

Kita pasti tidak menginginkan hal tersebut terjadi kepada pengunjung kita kan ? kali ini saya akan memberikan sedikit tips untuk membuat artikel dalam blog kita enak untuk dipandang maupun dibaca oleh pengunjung.
1.      Jangan terlalu banyak memasang iklan pada artikel.
Pemasangan iklan dicontent sebaiknya dihindari, karena pengunjung tidak suka dengan iklan yang berada dalam tengah-tengah content. Kalau ingin tetap memasang iklan dalam content pastikan iklan tersebut dipasang dengan rapi tanpa membuat pengunjung bingung dengan artikel kita. Dan jangan dipasang ditengah-tengah artikel kalau menurut saya.
2.      Buat Theme Blog Anda Serapi Mungkin.
Template menjadi salah satu penyebab pengunjung kita lari sebelum membaca artikel kita , iya pasti alasannya karena tidak enak dibaca , templatenya sangat berantakan, penampatan-penempatan yang salah dan sebagainya. Untuk bagian ini harus sangat diperhatikan.
3.      Dimulai Dengan Cerita
Jika kita membaca novel atau buku-buku yang lain pasti kita menemukan ada yang basa-basi telebih dahulu atau menerangkan basic yang akan kita jelaskan terlebih dahulu. Buatlah artikel kita seperti novel, jika tidak selesai membacanya pengunjung akan merasa penasaran terus dan akan membacanya lagi sampai dengan selesai.
4.      Diselingin dengan Humor
Tips berikut ini memang terlihat susah apalagi jika kita memang bukan orang yang humoris. Tapi tidak ada salahnya untuk belajar menjadi orang yang humoris :D .
5.      Jangan Terlalu Panjang dalam Membuat Paragraf
Bagaimana rasanya jika kita melihat paragraph yang panjang sekali tanpa ada jeda nya ? pasti merasa males dulu kan sebelum membacanya. Maka dari itu membuat paragraph yang singkat akan membuat pengunjung betah membaca tulisan kita.
6.      Menggunakan Sub Judul
Setiap orang cenderung ketika membaca akan melihatnya secara keseluruhan dahulu sebelum memuilai membacanya dengan serius apalagi kalau tulisan yang kita buat memang panjang. Contohnya dalam artikel ini sub judulnya adalah bullet and numbering yang saya bold. Pengunjung biasanya hanya membaca sub judul tersebut daripada membaca keseluruhan artikel tersebut, jika pengunjung ingin tahu tentang penjelasan sub judul tersebut maka secara langsung pengunjung juga akan membaca penjelasannya.

by  on AUGUST 4, 2011 in TUTORIAL BLOGWORDPRESS

0 comments:

Post a Comment